Mengenal Material top table Kitchen Set

solid surface top table
top table kitchenset yang terbuat dari solid surface

Idealnya dalam sebuah rumah tidak hanya memiliki ruang tidur dan ruang tamu yang nyaman, tetapi juga harus memiliki dapur yang cantik dan bersih. Interior dapur atau yang juga biasa disebut kitchen set, sebaiknya disesuaikan dengan konsep desain yang diterapkan di ruangan dapur.

Salah satu poin paling penting dalam kitchen set adalah meja tempat persiapan memasak atau table top kitchen set. Meja ini berfungsi sebagai alas kerja saat melakukan persiapan memasak di dapur. Untuk mendapatkan table top yang baik dan berkualitas, Anda harus mengenal terlebih dahulu material-material apa saja yang lazim digunakan.

Solid Surface (granit sintetis), Granit, dan Marmer adalah jenis-jenis material yang digemari para desainer dalam mendesain table top. Ingin tahu perbedaan dari ketiga jenis material ini, simak ulasan berikut:

1. Solid surface.

Solid surface atau lebih sering disebut sebagai granit sintetis terbuat dari acrilyc polyesteresin, dan pigmen warna yang diproses sehingga menjadi keras. Kualitas solid surface sebagai material table top bisa dibilang yang paling bagus dibandingkan dengan granit dan marmer.

Kebalikan dari granit, solid surface bobotnya ringan dan memiliki beberapa keunggulan seperti tidak berpori sehingga kehigienisan area kitchen set dapat terjaga karena cairan tidak dapat terserap ke dalamnya, keunggulan lainya adalah material ini juga mudah ditekuk atau dibentuk sesuai dengan hasil yang diinginkan sehingga hasil tampilan akhir bentuk kitchen set menjadi mulus dan apabila ada sambungan dalam table top maka sambungan tak akan terlihat. salah satu produsen solid surface yang dikenal menjual solid surface berkualitas tinggi dengan harga murah adalah HIasan GRAha DEwa

 

2. Granit.

Granit adalah Material yang berasal dari batu alam. Kekuatan granit sangat tinggi dibandingkan dengan solid surface dan marmer. Bahannya keras, tahan panas dan mudah dibersihkan. Namun demikian, granit masih memiliki pori-pori yang dapat menjadi tempat tumbuh kembang kuman dan bakteri. Hal ini disebabkan karena kotoran dari sisa makanan yang meresap dan mengendap di dalam pori-pori granit tersebut. Akibatnya table top pada kitchen set pun dapat tercemar bakteri. Bentuk granit yang kaku dan tidak bisa ditekuk atau dibengkokkan juga menjadi salah satu kelemahan lainnya karena jika disambung akan terlihat jelas garis sambungannya. Jenis granit sangat beragam, diantaranya granit california yellow, star white, crystal pink, black gold, polycrom, nero absolut dan masih banyak lagi lainnya.

 

3.Marmer

Marmer Sama seperti granit yaitu berasal dari batu alam. Namun kualitasnya jauh di bawah solid surface dan granit . Selain memiliki pori pori yang bisa menyerap serpihan makanan masuk kedalamnya , jika terkena air dan lembab juga akan mudah berjamur sehingga dapat mengurangi kehigienisan area ruangan kitchen set. Meskipun demikian, jika anda rajin dalam membersihkan dan merawatnya , material ini dapat dipertimbangkan karena harganya yang paling murah dibandingkan solid surface dan granit.

Sekarang anda sudah bisa membedakannya bukan? Silahkan pilih material kitchen set yang sesuai dengan selera Anda dan memasaklah dengan nyama

Sumber: http://property.okezone.com/read/2011/12/14/472/542199/mengenal-material-kitchen-set